logoblog

Cari

Sidang Informasi Bantuan Ternak Masuk Tahap Pemeriksaan Berkas

Sidang Informasi Bantuan Ternak Masuk Tahap Pemeriksaan Berkas

Komisi Informasi (KI) NTB kembali menggelar sidang permohonan sengketa informasi dengan agenda pemeriksaan berkas perkara terhadap pemohon Hamzanwadi dan termohon Kepala

Hukum

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
24 Juli, 2019 07:45:31
Hukum
Komentar: 0
Dibaca: 442 Kali

Komisi Informasi (KI) NTB kembali menggelar sidang permohonan sengketa informasi dengan agenda pemeriksaan berkas perkara terhadap pemohon Hamzanwadi dan termohon Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) NTB, Kamis (11/07/19) di ruang sidang KI NTB.

Sidang berlangsung cukup alot. Dimana majelis dan anggotanya mencecar pemohon dan termohon dengan sejumlah pertanyaan. Salah satunya adalah terkait mekanisme penyaluran bantuan ternak sapi dan kambing. 

Pihak termohon yang diwakili Kepala Bidang Pembibitan, Produksi dan Pakan Ternak Disnakeswan NTB haerul hadi mengatakan, untuk informasi mekanisme penyaluran bantuan bibit sapi dan kambing sumber dananya melalui APBD maupun dana aspirasi. Dimana lokasi dan nama kelompok berasal dari yang memiliki dana aspirasi yakni DPRD NTB. "Untuk DPA nya mengikuti prosedur yakni menggunakan penunjukan langsung,"katanya.

Sedangkan informasi data jumlah ternak sapi dan kambing yang disalurkan, pada tahun 2018 sesuai data yang diminta adalah menggunakan data e-katalog."Jumlahnya sendiri sesuai e-katalog itu adalah sebanyak 200 di pulau Lombok dan 100 di pulau Sumbawa. Kemudian kami buatkan kontraknya yang mengacu pada progres," terangnya lagi.

Sementara itu, pihak pemohon menginginkan data segera diberikan untuk digunakan sebagai bahan diskusi bersama kelompoknya."Data itu kami ingin segera diberikan sebagai bahan untuk diskusi rutin membedah kebijakan pemerintah baik dari level kabupaten maupun provinsi,"kata Hamzanwadi. 

Pada sidang sebelumnya kedua belah pihak bersepakat untuk melakukan mediasi. Namun setelah dilakukan mediasi sebanyak 3 kali yakni pada tanggal 1, 2 dan 4 Juli 2019. kedua pihak tidak ada yang bersepakat. Sehingga mediasi dinyatakan gagal oleh mediator. 

 

Baca Juga :


Sebelumnya, pemohon mengajukan keberatan melalui surat tanggal 21 maret 2019 kepada kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan provinsi NTB. Kemudian mengajukan permohonan penyelesaian sengketa informasi publik melalui surat tanggal 14 Mei 2019 kepada KI NTB dan terdaftar di kepaniteraan KI NTB pada tanggal 16 Mei 2019.

Adapun permohonan informasi yang diajukan melalui surat tanggal 6 Maret 2019 adalah, pemohon meminta beberapa informasi terkait DPA APBD murni maupun perubahan provinsi NTB tahun anggaran 2018, untuk pengadaan ternak sapi maupun ternak kambing untuk seluruh kabupaten se-provinsi NTB. 

Pemohon juga meminta informasi nama- nama kelompok ternak yang mendapatkan bantuan ternak sapi dan kambing, baik yang sumber dananya dari APBN maupun APBD provinsi NTB tahun 2018 se kabupaten Lombok tengah. Tidak hanya itu, pemohon juga meminta nama rekanan atau perusahaan pemenang tender dan PL yang mengerjakan pengadaan bantuan ternak sapi dan kambing tahun 2018, baik yang sumber dananya dari APBN maupun APBD Provinsi NTB bersama dengan kontrak kerjanya dan nama- nama kelompok kerja sasarannya.

Bertindak sebagai ketua majelis sidang Lalu Ahmad Busyairi didampingi Ajeng Roslinda Motimori dan M Zaini sebagai anggota, serta Nina Susi Herdiyanti selaku panitera pengganti. luk-tim media).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan