logoblog

Cari

Termohon Mangkir, Sidang Informasi APBDes Ditunda

Termohon Mangkir, Sidang Informasi APBDes Ditunda

Sidang sengketa informasi APBDes di Komisi Informasi NTB ditunda. Sidang dengan agenda pemeriksaan awal ini ditunda, karena termohon tidak menghadiri persidangan

Hukum

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
23 Mei, 2019 14:41:51
Hukum
Komentar: 0
Dibaca: 1734 Kali

Sidang sengketa informasi APBDes di Komisi Informasi NTB ditunda. Sidang dengan agenda pemeriksaan awal ini ditunda, karena termohon tidak menghadiri persidangan tanpa memberikan alasan yang jelas. ‘’Karena termohon tidak hadir dalam persidangan, sesuai hasil diskusi dengan seluruh anggota majelis sidang. Sidang hari ini kami tunda hingga batas waktu yang belum ditetapkan’’. Kata ketua majelis sidang KI NTB, Hendriadi dihadapan peserta sidang.

Sidang ajudikasi dengan nomor register sengketa 009/KINTB/PSI-REG/V/2019 antara pemohon Lalu Sudirman terhadap termohon kepala Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur, atas kasus  permohonan informasi publikasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) Ketapang Raya, ditunda majelis sidang Komisi Informasi (KI) NTB, Kamis (23/05) di ruang sidang KI NTB.


Sebelumnya, Pemohon mengajukan permohonan penyelesaian sengketa informasi publik ke kantor Komisi Informasi Provinsi NTB pada tanggal 30 April 2019 dan terdaftar di kepaniteraan KI NTB pada tanggal 6 Mei 2019.

Adapun permohonan informasi yang diajukan adalah permohonan informasi melalui surat tertanggal 18 Januari 2019 kepada kades Ketapang Raya terkait publikasi APBDES, serta realisasi dan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) tahun 2012 hingga 2018. Akan tetapi, Kades tidak menanggapi permohonan informasi tersebut. Bahkan APBDES yang seharusnya dipublikasikan kepada masyarakat tidak pernah dipublikasikan dalam kurun waktu tersebut.

‘’Sejak tahun 2012 hingga 2018, tidak pernah dipublikasikan kepada masyarakat. Padahal masyarakat perlu tahu bagaimana perencanaannya, pengambilan keputusan sampai dengan eksekusinya apa sudah dijalankan dengan benar atau tidak’’. Kata Lalu Sudirman.

 

Baca Juga :


Selain itu, Mangkirnya termohon dari persidangan membuat pemohon merasa kecewa. Padahal seharusnya kasus tersebut bisa segera terselesaikan karena menyangkut kepentingan masyarakat banyak. ’’Saya kira ini sebagai bentuk penghindaran. Padahal informasi yang kami minta bukan informasi yang dikecualikan, karena siapapun yang minta harus diperlihatkan kepada masyarakat’’. Imbuhnya.

Bertindak sebagai ketua majelis sidang yakni Hendriadi, SE.,ME didampingi Drs. M Zaini dan Dahlan A Bandu, SH.,M.Si sebagai anggota, dengan panitera pengganti yakni Nina Susi Herdiyanti, S.Sos. (luk- tim media).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan