logoblog

Cari

LPA NTB Upayakan Rehab bagi Remaja Stress

LPA NTB Upayakan Rehab bagi Remaja Stress

Kasus bunuh diri dikalangan remaja masih marak terjadi di kabupaten Dompu. Mulai Januari hingga April 2019, jumlah kasus bunuh diri di

Hukum

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
07 Mei, 2019 11:43:41
Hukum
Komentar: 0
Dibaca: 1581 Kali

Kasus bunuh diri dikalangan remaja masih marak terjadi di kabupaten Dompu. Mulai Januari hingga April 2019, jumlah kasus bunuh diri di daerah tersebut mencapai 12 kasus yang terkonsentrasi di kecamatan Hu'u.

Untuk menekan jumlah kasus tersebut, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi NTB telah mengupayakan rehabilitasi dengan menggandeng dinas sosial Provinsi NTB. 

"Kita kemarin sudah lakukan asesment dan koordinasi dengan dinas sosial, menyiapkan tenaga merehab anak- anak yang hidup atau berhasil selamat," terang ketua LPA NTB Joko Jumadi, Senin (6/05/19) di Mataram. 

Temuan kasus bunuh diri ini menurut Joko dipengaruhi pola asuh yang bermasalah khususnya di keluarga. "Kemungkinan di sekolah dan masyarakat polanya berbeda. Ada pengaruh karena anak-anak mungkin terlalu lama ditinggalkan berladang, sehingga tidak disertai pengasuhan yang maksimal," ucapnya.

 

Baca Juga :


Selain itu, dalam kasus bunuh diri ini, muncul fenomena copy cat suicide yakni anak-anak meniru perilaku bunuh diri temannya atau pihak lain. "Ada yang pulang melayat di temannya langsung bunuh diri," terangnya lagi. 

Joko juga menjelaskan bahwa rata-rata usia anak-anak yang melakukan bunuh diri tersebut berkisar 14-18 tahun. Dari 12 kasus bunuh diri tersebut 5 orang berhasil selamat. Sementara 7 lainnya meninggal dunia. 11 diantaranya perempuan dan 1 orang laki-laki.(Luk-tim media).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan