logoblog

Cari

Bawaslu Diamanatkan Untuk Mengawasi Pelanggaran Pemilu

Bawaslu Diamanatkan Untuk Mengawasi Pelanggaran Pemilu

"Dalam konsep lembaga penyiaran kita mengenal asas pertanggung jawaban sosial sebagai dasar keterlibatan lembaga penyiaran dalam melakukan pemantauan atau pengawasan terhadad

Hukum

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
12 Mei, 2018 09:57:04
Hukum
Komentar: 0
Dibaca: 2720 Kali

"Dalam konsep lembaga penyiaran kita mengenal asas pertanggung jawaban sosial sebagai dasar keterlibatan lembaga penyiaran dalam melakukan pemantauan atau pengawasan terhadad siaran,"

Hal tersebut di ingatkan oleh Muhamad Khuwailid, S.Ag Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu NTB) saat menjadi narasumber pada acara sarasehan KPID Provinsi NTB, Selasa (8/5) di hotel Golden Palace Mataram.

Khuwailid menyinggung media yang menyiarkan iklan. Beda tipis antara iklan layanan masyarakat dan iklan komersil. "Kadang iklan layanan masyarakat dengan iklan komersial seringkali berbeda tipis,"singgunnya.

Lebih lanjut, Khuwailid mengatakan bahwa, Iklan saat ini dimensinya sangat variatif, sehingga bawaslu sangat memerlukan peran lembaga penyiaran untuk melakukan pengawasan.

Soal iklan kampanye tdk bisa dilihat dari siapa yg memproduksi, tapi harus dilihat dari konten nya. Lembaga penyiaran saat ini menjadi media yang disasar oleh paslon utk mempublikasi diri

"Dlm konteks pemantauan, lembaga penyiaran atau jurnalis wajib menyampaikan informasi," ujar Khuwailid.

 

Baca Juga :


Menurut Komisioner Bawaslu ini, di momen Pilkada lembaga penyiaran sangat membantu Bawaslu dalam melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pasangan salon yang bertarung di Pilkada.

Sarasehan ini berlangsung atraktif dengan berbagai informasi yang disampaikan narasumber lain seperti , Yan Marli, M. Pd dari Komisioner KPUD NTB, Anggota Komisioner KIPD NTB,  Fathul Rakhman, S. Kom dan Ketua Ketua KPID NTB Yusron Saudi, S.T., M. Pd ,  anggota panwaslu 10 Kabupaten/Kota di NTB, puluhan insan media seperti media cetak maupun online, TV lokal dan Radio yang ada di NTB

Mewakili Gubernur NTB, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB Drs.Tri Budiprayitno, M.Si ,  membuka secara resmi kegiatan tersebut. Didampingi Ketua KPID NTB Yusron Saudi, S.T., M.Pd.  (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan