logoblog

Cari

Wakil Ketua MK Ajak Masyarakat Hentikan Konflik Horizontal

Wakil Ketua MK Ajak Masyarakat Hentikan Konflik Horizontal

Timbulnya konflik horizontal di negeri ini termasuk yang menjadi sorotan nasional juga seringkali terjadi di daerah Bima, Nusa Tenggara Barat menjadi

Hukum

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
30 Juli, 2017 22:57:27
Hukum
Komentar: 0
Dibaca: 7805 Kali

Timbulnya konflik horizontal di negeri ini termasuk yang menjadi sorotan nasional juga seringkali terjadi di daerah Bima, Nusa Tenggara Barat menjadi atensi Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI. Dr. Anwar Usman, SH, MH. “Marilah kita hentikan konflik horizontal yang sia-sia yang semakin meregangkan hubungan antar sesama dan berdampak pada terciptanya instabilitas daerah dalam upaya memajukan pembangunan,” kata Anwar Usman pada halal bil halal Rukun Keluarga Bima (RKB) Pulau Lombok di Mataram, Minggu (30/7) di gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Mataram.

Petinggi MK asal Bima ini setuju hasil kajian Wakil Rektor Unram Dr. M. Nasir yang menyebutkan, bahwa faktor kurangnya pemahaman akan ajaran Agama utamanya yang tertuang dalam Al-Quran menjadi penyebab munculnya konflik antar kampung maupun munculnya gerakan-gerakan radikal atau aliran garis keras yang menentang konstitusi negara terjadi di Bima. “Jadi benar yang utama itu penyebabnya pemahaman tentang ajaran agama yang masih lemah. Lalu disusul pemahaman konstutusi negara dan selanjutnya disebabkan faktor lingkungan,” jelas Anwar.

Dalam hubungannya dengan halal-bil halal ini, Anwar menilainya haruslah tetap dipupuk untuk semakin memperkuat ukuwah islamiyah dan ukuwah wathoniyah. Halal bil halal menjadi perekat silaturrahmi yang sangat ampuh untuk bersatu dan menumbuhkan semangat persaudaraan antar sesama sehingga kerukunan antar warga dengan warga lainnya dan dengan pemerintah akan terajut dengan baik dan harmonis.

 

Baca Juga :


Anwar juga meminta penegakan hukum harus benar-benar dilakukan dengan baik. Upaya-upaya persuaif hatus tetap dilakukan untuk memberi pencerahan dan edukasi kepada masyarakat untuk mematuhi konstitusi negara sesuai hukum yang berlaku.  "Jika upaya-upaya hukum sudah dilakukan dan sesuai prosedur,  namun pelanggar hukum juga tak mau mengindahkan maka alternatif terakhir negara harus melenyapkannya dalam arti harus bertindak tegas, " ujarya. (Wardi)



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan