logoblog

Cari

Tak Menaati Aturan di Kawasan Tertib Lalu Lintas

Tak Menaati Aturan di Kawasan Tertib Lalu Lintas

Kawasan tertib lalu lintas adalah suatu kawasan yang dibangun, dibina, dan dibentuk serta diawasi untuk menjadi suatu kawasan yang mencerminkan dan

Hukum

Akhmad Iman Taufik
Oleh Akhmad Iman Taufik
03 Juni, 2017 12:38:09
Hukum
Komentar: 0
Dibaca: 24080 Kali

Kawasan tertib lalu lintas adalah suatu kawasan yang dibangun, dibina, dan dibentuk serta diawasi untuk menjadi suatu kawasan yang mencerminkan dan mengimplementasikan bagaimana lalulintas yang baik dan benar. Kawasan ini sudah dibangun lengkap dengan fasilitas  jalan yang layak  untuk pengguna jalan, baik pengendara roda 2, roda 4, pejalan kaki, kendaraan prioritas dan pemberhentian.

Seharusnya di kawasan tertib lalu lintas, semua peraturan dalam lalu lintas dipatuhi dan menjadi kawasan yangaman dan  nyaman bagi penggunanya. Namun pada kenyataannya masi ada saja yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas di kawasan tersebut dan tidak mendapatkan sangsi dari pihak yang berwenang. Contohnya di jalan Jalan Pejangging di Mataram NTB, di sana masih banyak terlihat pengendara yang berboncengan hanya menggunakan satu helm saja namun kebanyakan polisi yang sedang bertugas di sana tidak melakukan tindakan apapun ketika melihat hal tersebut, selain itu masih banyak juga mobil yang parkir di tempat yang sudah jelas ada tenda dilarang parkir di depan sebuah gereja yang ada di tempat tersebut dan bahkan hal ini hampir setiap hari terjadi. Saya pernah melalui jalan tersebuat kemudian diberhentikan oleh seorang polisi lalu lintas di sana, namun bukannya ditilang polisi itu malah menyuruh saya untuk membayar sejumlah uang.

Menurut saya pelanggaran yang terjadi di jalan Pejanggik ini dikarenakan pembiaran yang dilakukan oleh pihak yang berwenang disana, pembiaran tersebut menimbulkan kebiasaan dan karena itulah banyak orang yang melakukan pelanggaran di sana. Yang harus dilakukan polisi lalu lintas di sana adalah berpatroli setiap hari untuk memantau pengguna jalan, ketika terdapat seseorang yang melanggar peraturan harus dilakukan tindakan tegas dengan menilangnya bukannya meminta sejumlah uang agar pelanggar itu kapok dan kemudian menaati peraturan lalu lintas yang berlaku.

 

Baca Juga :


Jadi kawasan tertib lalu lintas seharusnya menjadi contoh dalam kegiatan berlalu lintas, lalu lintasnya tertib, lancar, aman, dan teratur. Di kawasan ini disiplin dan penegakan hukum di bidang lalu lintas dan angkutan meningkat secara konsisten dan berkesinambungan sehingga kawasan-kawasan yang lain dapat mencontohnya. Namun jika yang dijadikan contoh itu malah terdapat banyak pelanggaran dan penegakan hukumnya buruk maka tidak mungkin untuk kita berharap di kawasan lain orang-orang akan mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. [] - 01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan