logoblog

Cari

Bupati Instruksikan Periksa Kadis Pariwisata Dompu

Bupati Instruksikan Periksa Kadis Pariwisata Dompu

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, memerintahkan kepada Inspektorat untuk memeriksa Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Dra. Hj. Sri Suzana,

Hukum

KM. Potu (KMP)
Oleh KM. Potu (KMP)
23 Mei, 2015 22:28:39
Hukum
Komentar: 0
Dibaca: 6923 Kali

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, memerintahkan kepada Inspektorat untuk memeriksa Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Dra. Hj. Sri Suzana, M.Si., perihal adanya dugaan penyimpangan anggaran pada event Tambora Menyapa Dunia (TMD) tahun 2015, dimana sumber anggaran kegiatan tersebut berasal dari APBN dan APBD.

Ketika dikonfirmasi dikantornya, Rabu (20/05), Inspektur Inspektorat Kabupaten Dompu Ir. H. Syaiful H. Salahuddin, M.Si., didampingi Sekretaris dan beberapa jajarannya, mengakui bahwa pihaknya diinstruksikan oleh Bupati untuk memeriksa Kadis Pariwisata, karena disinyalir ada penyimpangan penggunaan anggaran TMD tahun 2015 kemarin.

Pemeriksaan terhadap Umi Nana (Kadis Parbud, red), imbuhnya, mencakup perencanaan, ketaatan terhadap aturan, keuangan, dan lain-lain. Terhadapnya sudah dilakukan pemeriksaan, terkait anggaran TMD sekitar 1 milyar dari APBN, dan anggaran dari APBD. Namun, pintanya, belum ada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).

LHP baru muncul setelah dilakukan ekspose antara pemeriksa dengan saya, yang sebelumnya dilakukan dulu ekspose dan klarifikasi hasil pemeriksaan oleh auditor terhadap Kadis. Apakah dalam ekspose tersebut ada kejanggalan atau tidak, silahkan yang bersangkutan ajukan keberatan. Kalau dalam klarifikasi tersebut tidak ada keberatan, maka hasil pemeriksaan dinaikkan ke LHP.

Proses tersebut menurutnya, agar ada kejelasan, jangan sampai terjadi subjekfitas. Dan dalam pemeriksaan ini, deadline waktu sekitar 20 hari. Kalau seandainya pemeriksaan menghasilkan LHP, maka LHP dibuatkan surat pengantar lalu disampaikan ke Bupati, setelah itu Bupati mendisposisikan ke Sekda. Sekda kemudian mendisposisikan lagi kebagian organisasi dan tatalaksana (Ortal) pemerintahan. Bagian ortal lah yang akan melihat tindak lanjut seperti apa yang harus dilakukan, termasuk menegur Kadis Pariwisata, jadi eksennya seperti itu.

 

Baca Juga :


Masih Inspektur, tidak sampai disitu, tim kami akan melakukan pemantauan dan mengevaluasi terhadap hasil pemeriksaan sebelumnya, untuk melihat sejauh mana realisasi hasil dari pemeriksaan, itulah mekanismenya. () -01

Ket foto : Kadis Pariwisata Dompu Dra. Hj. Sri Suzana



 
KM. Potu (KMP)

KM. Potu (KMP)

Lahir dan besar di Potu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Senang menulis apapun secara bebas. Email : miftahulyani@gmail.com. Hp. 087866921180. Terinspirasi oleh KM. Bali 1.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan