logoblog

Cari

BPD Desa Tangga, Mulai Menggodok Perdes

BPD Desa Tangga, Mulai Menggodok Perdes

KM. Portal Himpas, - Dalam rangka menyusun Peraturan Desa (Perdes) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tangga Kecamatan Monta menggelar Rapat Dengar Pendapat

Hukum

KM. Portal Himpas
Oleh KM. Portal Himpas
21 Oktober, 2014 07:40:33
Hukum
Komentar: 0
Dibaca: 14653 Kali

KM. Portal Himpas, - Dalam rangka menyusun Peraturan Desa (Perdes) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tangga Kecamatan Monta menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP). Rapat yang digelar di aula kantor desa pada, Sabtu (11/10) itu, dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi pada kesempatan tersebut.

Ketua BPD Desa Tangga, Aeman, S.Pd mengatakan, tujuan diadakan rapat dengar pendapat adalah untuk menyerap aspirasi masyarakat guna menyusun rancangan peraturan desa. “Sesungguhnya rancangan ini dimaksudkan untuk membuat peraturan dalam mengatur tataran kehidupan yang akan menciptakan keamanan dan kenyamana  dalam kehidupan masyarakat,” jelasnya. 

Aeman mengaku, rancangan Perdes merupakan inisiatif dan terobosan yang dilakukan oleh BPD sekarang. “Sebenarnya kita berangkat dari nol, karena tidak ada peraturan desa yang dibuat sebelumnya, tetapi kalau berbicara undang-undang yang lebih tinggi kita juga memegangnya,” terangnya.

Berhubung Perdes yang akan dibuat berbasis pada kebutuhan masyarakat, jadi saran dan usul  masyarakat sangat diperlukan. Karena apa yang menjadi saran dan usul inilah yang kemudian akan disusun kedalam draf perdes.  Kemudian draf yang telah  digodok akan dikembalikan kepada masyarakat untuk dikoreksi bersama, jika sudah tidak ada masalah maka draf inilah yang akan ditetapkan menjadi Peraturan Desa.  

 

Baca Juga :


Beberapa usulan yang disepaki antara lain, pelelangan tanah harus dilakukan di kantor desa, orgen tunggal dilarang pada malam hari, pembangunan pagar so (lokasi sawah) dan penertiban hewan terwan. “Berbicara hukum tentu tidak terlepas dari sesuatu hal yang memaksa dan mengikat. Jika ada yang melanggar tentu akan dikenakan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan,’ tuturnya.

Selain itu, Penjabat Kepala Desa Tangga, M. Amin Hasan mengatakan, Pemerintah desa menanggapi dengan baik inisiatif yang dilakukan oleh BPD karena dengan terciptanya Peraturan Desa maka akan memberikan keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan masyarakat. Terutama pembangunan pagar so yang selalu menjadi masalah bagi warga tiap tahun. “Untuk itu dengan adanya inisiatif BPD, mari kita sama-sama kerja membangun desa,” ajaknya.  [AL] - 01



 
KM. Portal Himpas

KM. Portal Himpas

Koordinator: Al Furqan M. Nur Alamat: Jl. Lintas Parado Desa Sie, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima Prov. NTB URL: http://himpas-institute.blogspot.com/ email: himpas.bersatu@gmail.com HP: 082342180000

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan