logoblog

Cari

Satlantas Gencarkan Razia Motor 3 Roda

Satlantas Gencarkan Razia Motor 3 Roda

KM, Sarei Ndai.- Untuk mencegah potensi lakalantas yang dilakukan motor tiga roda. Bagian Lalulintas Polres Bima Kabupaten, meningkatkan razia terhadap keberadaan Motor

Hukum

KM Sarei Ndai
Oleh KM Sarei Ndai
11 Agustus, 2014 16:54:56
Hukum
Komentar: 0
Dibaca: 10886 Kali

KM, Sarei Ndai.- Untuk mencegah potensi lakalantas yang dilakukan motor tiga roda. Bagian Lalulintas Polres Bima Kabupaten, meningkatkan razia terhadap keberadaan Motor 3 Roda yang mengangkut penumpang lebih dari satu orang. Pasalnya, motor 3 roda itu hanya diperuntukan untuk mengangkut barang, dan kalau lebih dari satu orang potensi lakalantas besar.

Berdasarkan dengan pasal 137 Undang-undang nomor 22 tahu 2009, kendaraan bermotor angkutan barang dilarang mengangkut orang, kecuali dalam keadaan terpaksa. Misalnya, mengangkut orang yang sakit dan harus segera di larikan ke Rumah Sakit.

“Kami tidak akan menilang kalau seperti itu, jika motor 3 roda mengangkut orang dengan sengaja, maka kami akan menilangnya,”Ujar Kasat Lantas IPTU M Adiel Aristo saat menggelar rajiah di depan Polres Bima Kabupaten, senen (11/8) kemarin.

Dikatakanya, kendaraan itu juga bisa beroperasi menaikan penumpang lebih dari satu kalau berada di daerah yang memang benar-benar tidak ada angkutan umum baik bermotor maupun tidak bermotor. “Motor 3 roda bisa beroperasi, kalau daerah itu tidak memiliki angkutan atau alat transportasi,”katanya.

Kalau kendaraan motor tiga roda itu beroperasi di jalan umum, Jelas dia. Kendaraan tersebut sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan karena kendaraan tersebut bukan di rancang untuk mengangkut orang, melainkan pengangkut barang. Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan, maka satlantas polres bima akan gencar melakukan raziah dan memberikan penindakkan yang setimpal sesuai peraturan yang berlaku.

“Kami akan berikan penindakan yang setimpal sesuai pelanggaran yang dilakukan motor 3 roda itu,”tegasnya.

 

Baca Juga :


Oleh demikian, Proses raziah motor 3 roda itu, Aristo berharap, Dinas Perhubungan kabupaten Bima bisa bersama-bersama bagian lantas, guna menindak tegas motor tersebut dalam aktifitasnya yang mengangkut penumpang. “Sanksi berat akan kami terapkan apabila melakukan pelanggaran yang sama atau lebih dari 2 kali, maka akan kami tahan kendaraannya sampai batas waktu sidang, biasanya dua minggu bahkan lebih dari itu,”tegasnya lagi.

Dan apabila masih juga melanggar lanjut dia, bukan tidak mungkin kami meminta pengadilan untuk meminta jarak sidang yang lebih lama, supaya bisa jadi kendaraann akan di tahan lebih dari satu bulan. Sementara penumpang yang menggunakan kendaraan tersebut, pihaknya akan menurunkan langsung, dan dicarikan kendaraan yang memang berfungsi untuk angkut orang.  

Lebih jelas dia, penindakan yang dilakukan bagian lantas saat ini sudah sesuai prosedur, kurang lebih lebih 100 kendaraan yg telah kami tilang, dan akan disidangkan di pengadilan. Dan kalau masih terdapat kendaraan yang sama, penindakan akan lebih berat lagi,”tandasnya.(Andre) -05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan