logoblog

Cari

Perda "Cacat", Miras Lolos

Perda

KM Bali 1-Penangkapan Minuman Keras (Miras) yang dilakukan oleh Pihak Pol PP beberapa hari lalu sebagai bentuk tanggung jawabnya dalam mengemban

Hukum

KM. Bali 1
Oleh KM. Bali 1
14 Mei, 2014 23:34:35
Hukum
Komentar: 0
Dibaca: 8289 Kali

KM Bali 1-Penangkapan Minuman Keras (Miras) yang dilakukan oleh Pihak Pol PP beberapa hari lalu sebagai bentuk tanggung jawabnya dalam mengemban amanat Peraturan daerah (Perda) No. 3 tahun 2006yang mengatur peredaran minuman keras itu patut diacungi jempol.

Ribuan botol Miras berhasil ditangkap dan disita oleh pihak Pol PP. Rencananya miras tersebut akan dibawa menuju Kecamatan Hu,u. Miras yang diketahui milik Hotel Amangati ini setelah diperikasa tidak membawa dokumen-dokumen sah kepemilikan sehingga ditahan oleh Pihak Pol PP.

Namun sayangnya, setelah dilakukan penyerahan miras hasil sitaan tersebut kepada pihak Kepolisian Polres Dompu senin (5/5), Miras hasil sitaan tersebut

malah diminta untuk dilepaskan. Pihak yang getol sekali meminta barang Haram  tersebut untuk dilepaskan adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sri Suzana. Menurut Sri Suzana pengangkutan miras yang ditengarai berasal dari Provinsi Bali itu sudah sah menurut undang-undang dan Perda. Pendapat Berbeda dikemukakan H. Jauhari Kepala Kantor Pelayanan dan Perijinan Terpadu Dompu (KPPT).

Dirinya menegaskan pada saat penangkapan pemilik hanya memiliki Dokumen ijin penjualan dan tidak memiliki ijin pengangkutan."ijin penjualan itu pun tidak dibawa pada saat pemeriksaan oleh Pol PP. Ijin penjualan baru ditunjukkan setelah miras itu ditahan. Sedangkan ijin pengangkutan memang tidak ada", jelas H. Jauhari saat dikonfirmasi kamis (8/05) lalu.

 

Baca Juga :


Kapolres Dompu Purnama, SIK menjelaskan miras tersebut dinilai tidak melanggar Perda manapun karena dalam Perda miras itu tidak mengatur tentang ijin pengangkutan. " sejauh yang kami lihat, mieas tersebut tidak melanggar perda karena perda tidak mengatur tentang ijin pengangkutan. Perda itu hanya mengatur tentang larangan memproduksi, mengedarkan serta pendistribusian miras saja". Jelas Kapolres Dompu.

Dengan lolosnya miras tersebut dari sitaan pihak berwenang yakni Pol PP, membuktikan bahwa pwerda yang mengatur tentang pelarangan miras ini masih menyisakan celah bagi pengusaha barang haram ini untuk bermain.

Pihak dari Bagian hukum sendiri setelah dikonfirmasi pada Kamis lalu menegaskan akan meninjau kembali Perda tersebut dan mengupayakan untuk direvisi.(Oz) - 01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan